/* toto logo icon */

.

Rabu, 02 April 2014

Masjidil Aqsho Palestina




Masjidil Aqsa
Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat islam, banyak umat islam yang melaksanakan ibadah di tempat ini. Banyak sekali masjid yang ada di dunia ini, jutaan lebih jumlahnya. Namun dari sekian banyaknya masjid yang ada di bumi ini ada tiga masjid yang bisa di katakan istimewa bagi umat Islam. Ketiga masjid ini memiliki nilai historis yang sangat besar bagi umat islam. Ketiga masjid ini adalah Masjidil Haram di Makkah Arab Saudi, Masjid Nabawi di Madinah Arab Saudi, dan Masjidil Aqsa di Al Quds/ Yerusalem Palestina. Hal tersebut berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri ra, ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, ‘Janganlah melakukan ziarah kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, Masjidil Aqsa, dan masjidku ini (yakni Masjid Nabawi).” (HR Bukhari dan Muslim)

Masjidil Aqsa adalah masjid yang sangat tua, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Masjidil Aqsa merupakan masjid kedua yang di bangun di muka bumi ini sejak bumi diciptakan. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Dzar r.a., ia berkata “Saya bertanya kepada Rasulullah SAW perihal masjid yang pertama kali dibangun di bumi.” Beliau menjawab,” Masjidil Haram “. Saya bertanya lagi ,”kemudian apa lagi, ya Rasulullah? Beliau menjawab,” Masjidil Aqsa”. Lalu saya bertanya lagi,” berapa jarak antara keduanya?” Nabi SAW menjawab,” empat puluh tahun. kemudian semua permukaan bumi ini dijadikan masjid bagimu, jika engkau mendapati waktu shalat maka shalatlah di permukaannya, karena disanalah terdapat keutamaan”.

Keistimewaan Masjidil Aqsa
Masjidil Aqsa memiliki banyak sekali keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT untuk diperlihatkan kepada umat manusia semua. Salah satunya sesuai yang disebutkan Allah dalam QS Al-Isra’ ayat 1.

“Maha suci Dzat yang telah memperjalankan hamba-Nya pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang Kami berkati sekelilingnya, agar Kami memperlihatkan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Mengapa Allah tidak menaikkan Rasulullah ke langit secara langsung dari Masjidil Haram melainkan singgah terlebih dahulu ke Masjidil Aqsa, itu merupakan bukti nyata bahwa Masjidil Aqsa merupakan masjid yang memilki keutamaan. Dan Masjidil Aqsa merupakan tempat yang di singgahi Rasulullah yang sekaligus di pakai sebagai titik tolak Nabi Mi’raj ke langit